Prodi
Ilmu Komunikasi UMM menjadi salah satu Prodi di lingkungan UMM yang
diandalkan. Hal ini terlihat dari animo mahasiswa baru yang terus meningkat
setiap tahun. Tidak itu saja, materi kurikulum yang terus disesuaikan dengan
perkembangan zaman, tetapi juga mempunyai ciri khas yang tidak dipunyai Prodi
Ilmu Komunikasi di Indonesia. dalam aktualisasinya Prodi ini mengusung gerakan
Literasi Media (Media Literacy). Setiap proses belajar mengajar dan kegiatan
akademis berada dalam payung Literasi Media itu.
Gairah
sivitas akademika juga sangat terlihat.Di tingkat mahasiswa, Prodi ini memiliki
kelompok peminat kajian. Misalnya ada PR Club dan Eskalator (peminat kajian
Public Relations), Journalistic Club (peminat kajian jurnalistik), AV Club (peminat
kajian Audio Visual), Kociris (peminat kajian Riset Komunikasi), disamping ada
Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) dan Jurnalistik Fotografi Club
(Jufoc).
Sementara
itu, di tingkat dosen, ada banyak tulisan yang tersebar di media cetak dan
online serta buku-buku komunikasi dihasilkan. Semua ini akan menambah kekuatan
Prodi dalam mengantarkan mahasiswa di di lapangan kerja nanti. Kajian keislaman
dan muatan mata kuliah bermuatan Islam juga menjadi kekuatan yang penting.
VISI
Menjadi Prodi yang mempunyai daya saing dalam pengembangan
keilmuan dan ketrampilan dibidang komunikasi, berdasarkan nilai-nilai Islam.
MISI
1.
Menyelenggarakan pendidikan untuk mengembangkan pola pikir,
wawasan, dan keterampilan mahasiswa dibidang ilmu komunikasi yang berorientasi
pada gerakan media literacy;
2.
Memajukan aktifitas penelitian dikalangan dosen dan mahasiswa mengenai
permasalahan masyarakat yang berdimensi komunikasi;
3.
Melaksanakan pengabdian di bidang komunikasi yang berorientasi pada
pemberdayaan masyarakat;
4.
Mengintensifkan aktifitas pelatihan di bidang public relations,
komunikasi audio visual, serta jurnalistik dan studi media;
5.
Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam kerangka
perkembangan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi komunikasi secara
kelembagaan.
TUJUAN
1.
Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi public
relations, komunikasi audio visual, serta jurnalistik dan studi media;
2.
Menghasilkan lulusan yang memiliki akses pada berbagai pihak yang
relevan untuk meningkatkan kinerja lembaga dan jalinan kerja sama;
3.
Menghasilkan karya penelitian berdimensi komunikasi yang berdaya guna
bagi masyarakat akademik dan umum;
Menghasilkan
lulusan yang berkomitmen pada pemberdayaan masyarakat berbasis media
literacy;
sumber: web kampus putih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar